Site Loader
Get a Quote

PERANGKAT LUNAK PENGELOLAAN KAS KECIL DI
KONVEKSI DAFFA COLLECTION BANDUNG
Oleh :
Bagja Rizki Ramdanis 1, Diqy Fakhrun Shiddieq 2
Program Studi Teknik Informatika, STMIK LPKIA BANDUNG
Teknik Informatika, Program Studi Teknik Informatika, STMIK LPKIA BANDUNG
Abstrak
Kas (Cash) adalah aktiva lancar yang meliputi uang kertas/logam dan benda lain yang dapat digunakan sebagai media tukar/alat pembayaran yang sah dan dapat diambil setiap saat. Dengan adanya aplikasi kas maka perusahaan dapat melihat arus kas apakah stabil.

DAFFA COLLECTION adalah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi pembuatan pakaian, yang bertugas melayani pembuatan pakaian jadi secara masal dalam jumlah banyak. Karena ini perusahaan konveksi kecil jadi ada sedikit kendala di perusahaan ini yaitu pencatatan kas atau uang yang masuk dan keluar dari perusahaan ini belum menggunakan aplikasi dalam proses pencatatannya masih menggunakan buku jadi jika terjadi kesalahan maka harus dibuat lagi dari awal.

Pada saat ini Pencatatan kas masuk dan kas keluar di perusahaan tersebut masih ditulis dibuku besar, Sangat susah dalam merekap kas masuk dan kas keluar perbulannya. Untuk menunjang kegiatan Pengelolaan Kas di Pt Konveksi Daffa Collection diperlukan Aplikasi Kas ini karena Dengan aplikasi kas ini diharapkan dapat membantu merekap kas masuk dan kas keluar perusahaan.

Dari hasil pengujian didapat bahwa Aplikasi Kas ini dapat bekerja dengan baik karena petugas lebih mudah mendata setiap kas yang masuk dan kas yang keluar.Serta Dengan adanya komputer dapat membantu mempermudah petugas dalam melaksanakan tugasnya dan perusahaan pun dapat langsung menerima hasilnya
Kata Kunci : Pengelolaan Kas, Konveksi Daffa Collection
Abstract
Cash (cash) is a current asset which includes banknotes / metals and other objects that can be used as a medium of exchange / legal payment instruments and can be taken at any time. With the cash application, the company can see whether the cash flow is stable.

DAFFA COLLECTION is a company engaged in clothing manufacturing convection, which is in charge of serving the manufacture of apparel en masse in large quantities. Because this is a small convection company, there are few obstacles in this company, namely the recording of cash or money coming in and out of this company has not used the application in the process of recording is still using the book so if something goes wrong then it must be made again from the beginning.

At this time the registration of cash in and cash out at the company is still written in the big book. It is very difficult to recap the cash in and cash out monthly. To support the activities of Cash Management in Convection Pt Daffa Collection is needed this Cash Application because with this cash application is expected to help recapitulation of cash in and cash out of the company.

From the test results, it is found that this Cash Application can work well because the officers are easier to record every incoming cash and cash out.

As well as the presence of a computer can help simplify officers in carrying out their duties and the company can immediately receive the results
Keyword : Cash Management, Pt Convection Daffa Collection
PENDAHULUAN
Kas (Cash) adalah aktiva lancar yang meliputi uang kertas/logam dan benda lain yang dapat digunakan sebagai media tukar/alat pembayaran yang sah dan dapat diambil setiap saat. Dengan adanya aplikasi kas maka perusahaan dapat melihat arus kas apakah stabil.

DAFFA COLLECTION adalah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi pembuatan pakaian, yang bertugas melayani pembuatan pakaian jadi secara masal dalam jumlah banyak. Karena ini perusahaan konveksi kecil jadi ada sedikit kendala di perusahaan ini yaitu pencatatan kas atau uang yang masuk dan keluar dari perusahaan ini belum menggunakan aplikasi dalam proses pencatatannya masih menggunakan buku jadi jika terjadi kesalahan maka harus dibuat lagi dari awal.

Maka dari itu dibuatlah perangkat lunak pengelolaan kas berbasis web dengan menggunakan pemrograman PHP dan database server MySql. Dengan adanya perangkat lunak perpustakaan ini, petugas bisa langsung melihat data kas perbulannya sehingga tidak perlu mencatatat lagi, serta mempermudah dalam mengecek apakah kas pada bulan tersebut laba/rugi.

Identifikasi persoalan
Dari uraian latar belakang masalah diatas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:
Pencatatan kas masuk dan kas keluar di perusahaan tersebut masih ditulis dibuku besar
Sangat susah dalam merekap kas masuk dan kas keluar perbulannya
Sangat susah dalam mengetahui apakah penjualan bulan ini atau bulan lalu rugi atau untung, maka penulis memutuskan untuk menambahkan fitur Grafik di bagian halaman awal
Ruang Lingkup
Agar dalam pembahasan lebih terarah dan berjalan dengan baik maka perlu adanya ruang linkup penelitian. Penelitian hanya dibatasi pada proses Pendataan pegawai dan sistem pengupahan, yaitu sebagai berikut:
Hanya admin yang bisa mengakses program pengelolaan kas kecil ini.

Hanya bisa mendata kas masuk, kas keluar beserta laporan rekapitulasi dari kedua kas tersebut sesuai dengan tahun.
Tujuan
Tujuan pelaksanaan kerja prakek di Konveksi Daffa Collection adalah:
Membangun aplikasi kas yang diharapkan dapat membantu pencatatan kas perbulannya
Dengan aplikasi kas ini diharapkan dapat membantu merekap kas masuk dan kas keluar perusahaan
Dengan aplikasi kas ini diharapkan dapat membantu dalam mencari dan menentukan apakah pad akas bulan itu laba atau rugi
DASAR TEORI
Data Kas
Adapun masalah yang dihadapi belum adanya program pencatatan kas masuk atupun kas keluar di konveksi daffa colletion sebagaimana pencatatannya masih menggunakan dokumen kas.

Pengertian Kas
Menurut Surya (2012:66), “Kas adalah media pertukaran standar serta merupakan dasar akuntansi dan pengukuran untuk semua pos-pos lainnya.”
Dari pengertian diatas penulis menyimpulkan Kas adalah media pertukaran standar serta merupakan dasar akuntansi dan pengukuran untuk semua pos-pos.

Rekapitulasi
Pengertian Rekapitulasi Menurut (Drs.Zulkifli Amsyah, 2005) dalam Bukunya yang berjudul Manajemen Sistem Informasi yaitu “Informasi ringkas dengan hasil akhir dari suatu perhitungan (kalkulasi) atau gabungan perhitungan yang berisikan angka-angka yang disajikan dalam bentuk kolom-kolom” (Drs.Zulkifli Amsyah, 2005)
Bahasa Pemograman
Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefiisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan seara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

PHP
“Pemrograman Web Dengan PHP” mengatakan bahwa “PHP merupakan secara umum dikenal dengan sebagai bahasa pemrograman script – script yang membuat dokumen HTML secara on the fly yang dieksekusi di server web, dokumen HTML yang dihasilkan dari suatu aplikasi bukan dokumen HTML yang dibuat dengan menggunakan editor teks atau editor HTML, dikenal juga sebagai bahasa pemrograman server side” (Sidiq:2012 “Pemrograman Web Dengan PHP”).

JavaScript
JavaScript adalah bahasa pemrograman web yang bersifat Client Side Programming Language. Client Side Programming Language adalah tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client. Aplikasi client yang dimaksud merujuk kepada web browser seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. (Andre, 2014)
ERD
ERD adalah suatu model untuk menjelaskan mengenai hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang memiliki hubungan antar relasi. Entity Relationship Diagram oyi untuk memodelkan struktur data serta hubungan antar data, untuk dapat menggambarkannya digunakan beberapa notasi serta simbol. (Ibeng, 2017)
ANALISA DAN PERANCANGAN
Sistem Organisasi Perusahaan
Sebagai landasan dalam sistem organisasi, Konveksi Daffa Collection Bandung mempunyai suatu visi dan misi yang menjadikan sebuah acuan agar menjadikan pegawai dan perusahaannya mempunyai tujuan. Visi dari Konveksi Daffa Collection yaitu Menjadi home industry jasa konveksi skala nasional dan internasional, dan misi sebagai berikut :
Menyidiakan produk dan jasa konveksi dengan kualitas produk yang berorientasi pada peningkatan citra, estetika dan costumer brand konsumen.

Menjalin kemitraan ,kesejahteraan bersama dan hubungan kerja harmonis berdasarkan prinsif prinsif manajemen profesional dan semangat kebersamaan yang saling menguntungkan antar stake holder.

Menjalin rantai nilai hubungan antar stake holder yang berkesinambungan.

Sejarah Perusahaan
Perusaahaan kecil yang ada di bidang pakaian yang bisa disebut dengan konveksi , konveksi daffa collection di dirikan pada tahun 2009 – sampai sekarang yang berdiri di bidang pakaian. Konveksi ini berada di jalan moch toha gg murdasan Rt07 Rw03 no 207 bandung yang selalu membuat pakaian seperti seragam sekolah TK,SD,SMP dan almamater, pakaian anak anak, kemeja, dan kaos.

Struktur Organisasi Perusahaan
Di Konveksi Daffa Colletion ini mempunyai struktur organisasi yang saling terkoordinasi dari kepala perusahaan serta bagian bagian lainnya hingga ke finishing. Berikut adalah struktur organisasi yng ada di Konveksi Daffa Collection.

Gambar 3..1.2 Struktur Organisasi PT KONVEKSI DAFFA COLLECTION
Visi Misi
Visi :
Menjadi home industry jasa konveksi skala nasional dan international.

Misi :
Menyediakan produk dan jasa konveksi dengan kualitas produk yang berorientasi pada peningkatan citra, estetika dan costumer brand konsumen.

Menjamin kemitraan, kesejahteraan bersama dan hubungan kerja harmonis berdasarkan prinsif-prinsif manajemen professional dan semangat kebersamaan yang saling menguntungkan antar stake holder.

Menjamin rantai nilai hubungan antar stakeholder yang berkesinambungan.

Analisis Sistem Berjalan
Sistem yang berjalan di Konveksi Daffa Collection dalam mengelola data pegawai dan pengupahan adalah sebagai berikut :
Admin akan menambahkan kas baru atau keluar jika ada uang masuk ke perusahaan atau pengeluaran dalam membeli bahan.

Setiap hari admin akan mengelola kas.

Setiap hari kepala perusahaan/admin akan mulai menghitung data masuk atau keluar kas.

Setelah mengelola dan menghitung data kas ,maka admin akan mencetak laporan data tersebut.

Prosedur Sitem Berjalan
Adapun prosedur sistem berjalan pada pengelolaan data kas masuk dan kas keluar di Konveksi Daffa Collection Bandung sebagai berikut:
Prosedur Pengelolaan Kas Masuk
Admin akan menambahkan data kas masuk jika ada penerimaan uang masuk dari pelanggan, yang kemudian admin akan menambahkannya di data kas masuk
Prosedur Pegelolaan Kas Keluar
Admin akan menambahkan data kas keluar jika ada pengeluaran kas seperti pembelian bahan dll, yang kemudian admin akan menambahkannya di data kas keluar
Prosedur Cetak Laporan
Setelah mengatur pengelolaan kas keduanya admin akan mencetak laporan rekapitulasi untuk keduanya menurut tanggal keduanya, data yang di cetak berupa PDF
Analisis Fungsional
Berdasarkan identifikasi permasalahan yang ada, adapun gambaran umum fungsional dan fasilitas Perangkat Lunak dalam rangka menyelesaikan permasalahan adalah, sebagai berikut:
Perangkat lunak dapat menambahkan data kas baru, kas masuk maupun kas keluar
Perangkat lunak dapat menampilkan laporan data kas perbulan.

Perangkat lunak dapat menampilkan laporan hari ini dan bulan ini data rekapitulasi kas
28498801778000Perangkat lunak dapat menampilkan laporan data laba/rugi perbulannya
3.4 Perancangan Data
133350180975003.4.1 Data Flow Diagram
Gambar 3.3.1 DFD Level 0 Pengelolaan Kas
Pada DFD Level 0 ini diketahui bahwa Sistem Informasi Akuntansi Pengelolaan Kas pada Konveksi Daffa Collection ini sudah mencakup beberapa subproses, diantaranya :
•Kas
Proses penginputan kas masuk dapat dilakukan jika pihak dari bagian belanja memberikan bon / catatan penjualan kepada pihak keuangan
•Data Master
Setelah data atau bon diterima dari pelayan atau kas, kemudian pihak dari keuangan akan memasukan datanya ke computer, sebelum melakukannya bagian keuangan akan melihat dulu bagian data master yang didalamnya terdapat kategori untuk data nya apakah itu kas masuk atau keluar dan beserta jenis apa kas masuk atau keluarnya.
•Transaksi
Pada proses ini setelah bagian keuangan mengecheck data tadi maka selanjutnya data harus dimasukan ke kategori ini seusai dengan kategori dan jenis dari data atau bon yang diterima, jika sudah selesai maka data akan tersimpan otomatis didatabase.

•Laporan
Pada proses pembuatan laporan ini akan diterima data – data yang kemudian akan diproses menjadi laporan kas masuk dan kas keluar disertai dengan laporan – laporan lainnya yang berkaitan dengan laporan kas yang kemudian akan diserahkan kepada pimpinan.

Gambar 3.3.2 DFD Level 1 Transaksi
DFD Level 1 dari sub system kas ini dibagi menjadi 3 subproses,
•Aplikasi Kas
Pemrosesan data ini akan dimulai ketika sudah diterima data kas yang diterima dari kasir lalu proses kedua mencatatnya di aplikasi ini
•Transaksi
Pada proses transaksi ini akan diterima data – data atau bon penjualan yang kemudian akan diproses menjadi data yang berupa Transaksi Masuk atau Keluar sesuai dengan kategorinya
•Laporan
Pada proses pembuatan laporan ini akan diterima data – data yang kemudian akan diproses menjadi laporan kas masuk dan kas keluar disertai dengan laporan – laporan lainnya yang berkaitan dengan laporan kas yang kemudian akan diserahkan kepada pimpinan.

3.4.2 ERD
ERD adalah suatu model untuk menjelaskan mengenai hubungan antar data dalam basis data
-3516931207800berdasarkan objek-objek dasar data yang memiliki hubungan antar relasi.
Gambar 3.3.4 ERD/Conceptual Pengelolaan Kas
3.4.3 Perancangan Prosedural
Modul Data Kas Masuk
Input
Output
Kegunaan
Algoritma : Nama, Jumlah
: Nama, Jumlah Kas, Tanggal Masuk
: Untuk mengelola data kas masuk
: PROSES: Menyimpan data kedalam
database dan menampilkan kedalam
tabel yang ada di dalam program
sesuai dengan inputan yang dilakukan
IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Lingkup dan Batasan
Ruang lingkup dan batasan masalah di perangkat lunak ini yaitu:
Perangkat lunak ini hanya digunakan di PT Daffa Collection di Bagian Akuntansi.

Perangkat lunak hanya membahas mengenai Kas Kecilnya saja tidak untuk menyeluruh
Kebutuhan Sumber daya
Kebutuhan Minimum Hardware
PC
Untuk menjalankan perangkat lunak berbasis web yang telah dibuat, penulis menyarankan kebutuhan sumberdaya yang dibutuhkan untuk computer server adalah :
Processor: Intel Celeron / Dualcore 2,0 GHz
RAM: 2/1 GB
Hardisk: 500 GB
VGA: 256 MB
Monitor: 14′ inch
Keyboard: Type USB Cable dengan jenis QWERTY
Mouse: Type USB Cable with Optical
Kebutuhan Software
Perangkat lunak juga membutuhkan software yang mendukung dalam proses pembuatan dan penggunaan perangkat lunak tersubut sebagai berikut:
Sistem Operasi 32/64 Bit
XAMPP
Sublime Text
Star UML
Click Chart
Web browser
Notepad ++
Aplikasi Kas Kecil
1.2.3Kebutuhan Sumber Daya Manusia/Brainware
Ketentuan sumber daya manusia atau brainware dalam mendukung pengoperasian perangka lunak ini adalah :
a.Pengguna harus tau proses yang terjadi pada pengelolaan kas di PT Konveksi Daffa Collection
Implementasi
right24003000Data Jenis Kas Masuk
Gambar 4.1 Jenis Kas Masuk
Uraian cara penggunaan:
Masuk kedalam form master data, kemudian pilih data kas masuk
Kemudian jika ingin menambahkan data baru maka pilih tambah kas lalu isi nama jenis kas yang akan digunakan nanti dalam pencatatan kas masuk nanti. Kemudian pilih simpan untuk menyimpan ke database
Jika ingin mengubah data, pilih salah satu data lalu pilih menu ubah data berwarna orange lalu ubah data sesuai dengan keinginan lalu pilih simpan data
Jika ingin menghapus data, pilih salah satu data kemudian tekan tombol hapus berwarna biru
24638031305500Data Transaksi Kas Masuk dan Kas Keluar
Gambar 4.3 Data Transaksi Kas Masuk dan Keluar
Uraian cara pengunaan :
Jika ingin menambahkan data kas baru maka, pilih tambah data lalu pilih tanggal, kemudian pilih jenis kas masuk atau kas keluar, lalu isi keterangan,kemudian isikan nominal sesuai dengan yang diinginkan lalu pilih simpan.

Jika ingin mengubah pilih data yang mau di ubah kemudian pilih button edit untuk mengubah data, lalu isi sesuai keinginan lalu pilih tombol ubah.

Jika ingin menghapus pilih data yang mau di ubah kemudian pilih button delete untuk menghapus data yang dipilih.

left15748000Laporan Data Kas Masuk dan Kas Keluar
Gambar 4.4 Data Laporan Kas Masuk dan Kas Keluar
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengelolaan kas di Pt Konveksi Daffa Collection maka penulis menyimpulkan :
Dengan adanya perangkat lunak pengelolaan kas, petugas lebih mudah mendata setiap kas yang masuk dan kas yang keluar.

Untuk Laporan data kas masuk,kas keluar, serta laporan rekapnya dapat langsung dicetak.

Saran
Penulis menyadari bahwa perangkat lunak pengelolaan kas yang dibuat ini masih banyak memiliki kekurangan, untuk itu apabila penelitian ini ingin dilanjutkan, penulis akan memberikan beberapa saran mengeni apa saja yang perlu ditingkatkan :
Disarankan bagi siapa saja yang akan meneruskan perangkat lunak ini dapat menambahkan fitur fitur yang memadai
Maka dengan ini, penulis menyarankan agar perangkat lunak dikembangkan menjadi perangkat lunak berbasis android.

DAFTAR PUSTAKA
Majalah/Jurnal :
Eprints. “Pengertian perangkat lunak”. 12 September 2017 eprints.polsri.ac.id/2203/3/BAB%20II.pdf
Eprints. “Pengertian web”. 12 September 2017. eprints.polsri.ac.id/1082/3/BAB%20II%20.pdf
Internet :
Materi dosen. “perangkat lunak”. 12 September 2017.

http://www.materidosen.com/2016/12/pengertian-fungsi-dan-contoh-perangkat.html
Pengertiandefinisi. “Pengertian PHP”. 10 September 2017.

http://pengertiandefinisi.com/pengertian-php-dan-fungsinya-dalam-ilmu-komputer/
Pengertianku. “Pengertian Basis Data dan Sistem Basis Data”. 15 September 2017.

Pengertian Basis Data Dan Sistem Basis Data

Post Author: admin